10 Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Marinirseo.web.id – Perang adalah suatu kata yang memiliki banyak arti dimana mengungkapkan sebuah kondisi dua kubu yang berkonflik, dimana bisa konflik dengan kontak fisik atau non-fisik. Pembahasan perang pada kali ini adalah arti sebenarnya yaitu antara dua kubu menggunakan kekuatan militer masing-masing. Lalu, bagaimanakah mereka berperang? Apakah masih menggunakan tembak-menembak jarak dekat antar prajurit?

Selama ini kita melihat banyak perang yang menggunakan rudal, tank, pesawat tanpa awak, drone dan berbagai kecanggihan perang dimana negara atau militer yang melakukan penyerangan benar-benar berada di tempatnya masing-masing, lalu mengarahkan penyerangan jarak jauh. Apa sajakah alat perang mereka? Sedikitnya akan dijelaskan mengenai alat perlengkapan perang yang sering digunakan beberapa waktu ini. Pembahasan akan umum terhadap alat saja bukan kepada jenis-jenis alat tersebut.

Mari simak beberapa alat yang digunakan pada kekuatan militer di jaman modern ini, salah satunya ada buatan dari Indonesia.

Inilah 10 Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

1. Kapal Induk Angkatan Laut

Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Salah satu menjadi kebutuhan utama dalam perang adalah memiliki kapal laut besar dimana bisa meluncurkan pesawat-pesawat jet yang membantu penyerangan dalam berperang. Semua komando pada saat penyerangan berada diatas sebuah kapal besar yang canggih.

2. HeliAlat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Pesawat berbaling-baling disebut dengan Heli ini berguna untuk mengantarkan prajurit menuju barisan penyerangan atau dipergunakan untuk memantau kondisi sekitar. Biasanya Heli digunakan ketika perang masih kondusif, dimana mengemudikan pesawat berbaling cukup berbahaya karena akan menjadi sasaran mudah bagi musuh. Tetapi, beberapa heli digunakan untuk melindungi pasukan infanteri dan merusak penyerangan tank dari lawan.

3. TankAlat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Mobil baja atau disebut Tank ini memiliki banyak kegunaan dalam berperang di barisan depan. Penjelajahan tank digunakan ketika perang di darat dan menyerang gedung atau wilayah yang tidak bisa dilakukan penyerangan udara. Jelajah menggunakan mobil tank baja cenderung lambat karena tergantung kondisi medan perang dan jenis tank itu sendiri. Beberapa jenis tank tidak bisa digunakan pada tanah berlumpur, dan perbukitan. Oleh karena itu, tank biasa digunakan di daratan yang datar.

4. Torpedo

Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Torperdo merupakan senjata salah satu paling diandalkan oleh kapal selam karena memang sulit diketahui oleh musuh keberadaannya dan serangan dilaksanakan di bawah laut. Torpedo tidak hanya digunakan oleh kapal selam, melainkan kapal laut lainnya yang berada di atas permukaan.

5. Humvee

Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Tank merupakan bagian penjelajah darat yang lambat dan tergantung medan perang. Humbee memiliki kemampuan kebalikannya dimana dapat menjelajah darat dengan cepat walaupun medan yang berat.

6. Roket atau RPG

Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Perangkat senjata dengan peledak, dimana diluncurkan oleh prajurit untuk menghancurkan gedung, mobil baja atau tank, sampai menembak musuh yang berkumpul. Bisa digunakan hingga jarak 1000 meter dimana menjadi jarak aman ketika berperang.

7. Howitzer

Howitzer

Senjata ini merupakan rudal dengan jarak peluncuran mencapai belasan kilometer. Jarak yang bisa ditempuh oleh salah satu howitzer jenis M198 mencapai 14 km. Selain bisa menempuh jarak jauh, senjata ini terkenal akurat dan sangat cepat dimana bisa meraih target yang mengudara.

8. Pakaian Perang

Pakaian Perang TNI

Pasukan darat, laut, maupun udara memiliki seragam masing-masing didesain khusus untuk bisa nyaman dan mengamankan resiko perang. Syarat khusus dari pakaian perang adalah bisa meminimalisir resiko ketika tertembak, terkena ledakan, dan serangan lainnya.

9. Skyshield

skyshield indonesia

Mobil berbentuk menyerupai truck dimana digunakan untuk penyerangan jarak 1000 meter khusus darat. Kemampuannya dalam menembak sasaran mencapai akurasi 90% dimana dalam 1 menit bisa menembakan 1000 peluru. Bahkan, dalam 4 detik bisa menembakan puluhan peluru dengan menyerupai perisai yang menyerang target yang banyak dan tepat sasaran.

10. Jet Tempur

Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia

Perang masa kini identic dengan serangan pesawat terbang berkemampuan dan berteknologi tinggi. Salah satu yang sering digunakan adalah pesawat F-16, dimana Indonesia juga ikut menggunakannya. Keterampilan dan kegesitan pilot harus teruji saat perang karena secanggih apapun F-16 tentu akan percuma jika pengoperasian tidak maksimal, bahkan sampai mudah tertembah atau menjadi sasaran musuh.

Perang merupakan kondisi yang menyeramkan dimasa modern seperti ini, dimana sekali serang bisa membunuh ribuan manusia.

Sampai sini pertemuan kita untuk membahas perang khususnya bagian alat dan perlengkapan perang. Mungkin masih banyak yang belum kami tuliskan, tetapi pada umumnya 10 alat perang diatas adalah yang paling sering digunakan oleh militer ketika melakukan invasi. Semoga Artikel Tentang 10 Alat Canggih Perlengkapan Perang Militer Indonesia Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.